You are here
Home > Berita > Kodim 0714/Salatiga Gelar Binkom Cegah Konflik Sosial

Kodim 0714/Salatiga Gelar Binkom Cegah Konflik Sosial

WARTAPANTURA.COM

SALATIGA- Mencegah terjadinya konflik sosial di wilayah teritorialnya, Kodim 0714/Salatiga menggelar kegiatan Pembinaan Komunikasi (Binkom) di Aula Kodim 0714 Jalan Diponegoro No 35 Salatiga.Selasa(08/06)

Dalam sambutannya pada kegiatan yang mengusung tema “Sinergitas Komponen Masyarakat Dalam Mencegah Konflik Sosial” itu, Plh Kasdim 0714/Salatiga Mayor Kav Budi Saroyo mengatakan, bahwa kegiatan Binkom dilaksanakan sebagai upaya membantu Pemerintah Daerah dalam mencegah dan meredam potensi konflik sosial yang terjadi di wilayah Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang.

“Sehingga diharapkan segenap komponen masyarakat saling tukar menukar informasi tentang berbagai persoalan konflik sosial yang di hadapi baik dalam konteks kehidupan berbangsa maupun masalah lainnya yang berkembang di wilayah. Selain itu melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dalam tukar menukar infomasi di wilayah”pungkas Mayor Budi.

Plh Kasdim juga mengucapkan terima kasih atas kedatangan Tim Binkom dari Mabesad yang dipimpin oleh Kolonel Inf Agustinus Dedi Prasetyo Paban 1 Ren Sintelad (Koordinator umum Binkom),dan para narasumber lainnya yang akan memberikan materi pembekalan pada kegiatan tersebut.

“Kami ucapkan selamat datang kepada para nara sumber, dan terima kasih telah meluangkan waktu untuk memberikan pembekalan kepada para peserta dalam kegiatan ini,” tuturnya.

Sementara itu, Kolonel Inf Agustinus Dedi Prasetyo menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Dandim 0714/Salatiga beserta jajarannya atas terselenggaranya kegiatan Binkom tersebut, dengan harapan melalui kegiatan ini akan mampu mencegah konflik sosial di wilayah Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang.

Kabagops Pusansiad, (Katim BINKOM) Letkol Chb Adi Susanto dalam materinya menyampaikan konflik dalam bentuk apapun yang bisa membahayakan keamanan sosial diantaranya kerusuhan teroris yang megakibatkan terganggunya keamanan nasional.

“Konflik bisa berasal dari beberapa macam baik dari kelompok sosial masyarakat ataupun ormas ataupun suatu kelompok diseluruh bangsa,namun kita tahu bahwa setiap konflik yang terjadi kita harus bisa menanggulangi terhadap konflik sosial masyarakat tersebut sehingga konflik tersebut tidak berkembang lebih jauh”tegasnya.

Konflik sosial bukan menjadi tanggung jawab pemerintah saja melainkan tanggung jawab seluruh kita semua yang memiliki tanggung jawab moral penanganan konflik sosial harus dilaksanakan secara sistematis dan terencana pada saat maupun sesudah terjadinya konflik.

“Marilah kita segera komunikasikan apabila ada kejadian konflik dalam mencegahnya sehingga ada suatu kerjasama untuk menjaga persatuan dan kesatuan dengan baik dilanda dari berbagai konflik permasalahan”pesan Katim Binkom tersebut.

 

Editor:Yudha27

Leave a Reply

Top