Berita

Babinsa Banyubiru,Jaga Tradisi Dari Leluhur

WARTAPANTURA.COM

SEMARANG- Babinsa desa Banyubiru Sertu Abdul Majid kegiatan Selamatan dan doa bersama sebelum di mulainya pembangunan Saluran air Irigasi. Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) Tahun Anggaran 2022 di Sawah Blok 12 desa Banyubiru Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang,Senin(23/05)

 

Selamatan merupakan sebuah tradisi ritual yang hingga kini tetap dilestarikan oleh sebagian besar masyarakat Jawa.Salah satu upacara adat Jawa ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas anugerah dan karunia yang diberikan Tuhan.

 

Istilah Selamatan sendiri berasal dari bahasa arab yakni Salamah yang memiliki arti selamat atau bahagia.

 

Dalam prakteknya, selamatan atau syukuran dilakukan dengan mengundang beberapa kerabat atau tetangga . Secara tradisional acara syukuran dimulai dengan doa bersama, dengan duduk bersila di atas tikar, melingkari nasi tumpeng dengan lauk pauk dan kemuadian di lanjutkan dengan menikmati nasi tumpeng tersebut secara bersama – sama.

 

Dikatakan oleh Sertu Abdul Majid kegiatan Selamatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberikan kelancaran saat dilaksanakannya pembangunan ini.

 

“Ini adalah adat budaya leluhur yang harus kita pertahankan, kita generasi sekarang  berkewajibanuntuk melestarikannya,” kata Abdul Majid.

 

Kegiatan ini, lanjut Babinsa , ditempatkan di persawahan dengan maksud sebagai ungkapan rasa syukur, dan berdoa memohon kepada yang Khaliq pembangunan berjalan dengan  aman,lancar dan hasil pembangunan irigasi ini dapat meningkatkan hasil pertanian masyarakat.

 

Editor:Yudha27/Pendim0714

massohel

Recent Posts

Permudah Akses Warga,TNI Betonisasi Jalan Penghubung

WARTAPANTURA.COM SALATIGA- Harapan warga Dusun Sugih Waras dan Dusun Pamot Kelurahan Randuacir Kecamatan Argomulyo Kota…

4 days ago

54 Warga Yang Memilik Balita Mendapat Bantuan Sembako Dan Vitamin

WARTAPANTURA.COM SEMARANG- Stunting adalah dimana kondisi gagal tumbuh pada anak balita (bayi di bawah 5…

4 days ago

Jalan Penghubung Warga Mulai Di Bangun

WARTAPANTURA.COM SEMARANG- Pj Danramil 03/Getasan Kapten Arm Utomo mengatakan dipilihnya Desa Samirono sebagai tempat pelaksanaan…

5 days ago

Kasdim Tandatangani Naskah Kerjasama TMMD Sengkuyung Tahap II

WARTAPANTURA.COM SALATIGA- Sekda Kota Salatiga Ir. Wuri Pujiastuti, M.M. menjadi Irup Upacara pembukaan TMMD sengkuyung…

1 week ago

Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung Kodim 0714/Salatiga

WARTAPANTURA.COM SEMARANG-Kodim 0714/Salatiga kembali menggelar Tentara Manunggal Membangun desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II TA 2022…

1 week ago

Peringati Hari Anak Nasional 2022, Persit KCK Cab XXXV Ikuti Webinar

WARTAPANTURA.COM SALATIGA- Gejala dan fenomena stunting pada anak menjadi perhatian serius TNI AD. Persit Kartika…

2 weeks ago