Berita

Antisipasi Kasus PMK, Babinsa Koramil 05/Tuntang Dampingi Tim Dinas Peternakan Kecamatan Tuntang

WARTAPANTURA.COM

SEMARANG- Penyakit mulut dan kuku yang merupakan wabah virus pada hewan ternak ruminansia. Wabah ini menyebabkan penyakit viral yang sangat menular dan menyerang semua hewan berkuku belah/genap seperti sapi, kerbau, domba, kambing, rusa, unta, dan termasuk hewan liar seperti gajah, antelope, bison, menjangan, dan jerapah.

 

Penyakit mulut dan kuku (PMK) juga dikenal sebagai Foot and Mouth Disease (FMD) Jenis penyakit ini disebabkan dari virus tipe A dari keluarga Picornaviridae, genus Apthovirus yakni Aphtaee epizootecae.

 

Kodim 0714/Salatiga berikan instruksi satuan bawah untuk melakukan upaya pencegahan bersama dengan menggandeng dan berkolaborasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Semarang, dan UPT Distan Kecamatan.

 

Salah satunya upaya preventif telah dilakukan Koramil 05/Tuntang dengan menugaskan Babinsa Desa Candirejo Serda Rudi Hanafi  untuk mendampingi Petugas UPT Dinas Pertanian Kecamatan Jetis sembari meninjau lokasi pemilik hewan ternak Dusun Candilor,Dusun Kintelanlor Desa Candirejo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang,Kamis(19/05).

 

KPD BBP Tuntang Ibu Heti Rusmini,S.pt. mengungkapkan, dengan tingkat penularan PMK yang begitu cepat, mengharuskan pihaknya melakukan upaya pengobatan dan pencegahan melalui suntikan dan vitamin pada hewan ternak yang terinfeksi. Dijelaskannya, ketika seekor hewan terpapar PMK, maka dalam 24 jam ternak sapi disekitarnya dapat tertular, sedangkan penularan PMK itu dapat melalui sistem pernafasan, air liur, dan kencing hewan ternak termasuk saat distribusi atau pengangkutan.

 

Babinsa Candirejo menambahkan, dengan memberikan sosialisasi langsung kepada pemilik hewan ternak terkait penyakit PMK merupakan upaya yang terus kami lakukan hingga saat ini bersama tiga pilar dan UPT Distan, “Kami juga menghimbau kepada peternak untuk dapat menjaga kebersihan kandang dan lingkungan”, ungkapnya.

 

Editor:Yudha27/Pendim0714

massohel

Recent Posts

Permudah Akses Warga,TNI Betonisasi Jalan Penghubung

WARTAPANTURA.COM SALATIGA- Harapan warga Dusun Sugih Waras dan Dusun Pamot Kelurahan Randuacir Kecamatan Argomulyo Kota…

4 months ago

54 Warga Yang Memilik Balita Mendapat Bantuan Sembako Dan Vitamin

WARTAPANTURA.COM SEMARANG- Stunting adalah dimana kondisi gagal tumbuh pada anak balita (bayi di bawah 5…

4 months ago

Jalan Penghubung Warga Mulai Di Bangun

WARTAPANTURA.COM SEMARANG- Pj Danramil 03/Getasan Kapten Arm Utomo mengatakan dipilihnya Desa Samirono sebagai tempat pelaksanaan…

4 months ago

Kasdim Tandatangani Naskah Kerjasama TMMD Sengkuyung Tahap II

WARTAPANTURA.COM SALATIGA- Sekda Kota Salatiga Ir. Wuri Pujiastuti, M.M. menjadi Irup Upacara pembukaan TMMD sengkuyung…

4 months ago

Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung Kodim 0714/Salatiga

WARTAPANTURA.COM SEMARANG-Kodim 0714/Salatiga kembali menggelar Tentara Manunggal Membangun desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II TA 2022…

4 months ago

Peringati Hari Anak Nasional 2022, Persit KCK Cab XXXV Ikuti Webinar

WARTAPANTURA.COM SALATIGA- Gejala dan fenomena stunting pada anak menjadi perhatian serius TNI AD. Persit Kartika…

4 months ago