You are here
Home > Berita > Kelurahan Tegalrejo Deklrasikan Sebagai Kampung Pancasila

Kelurahan Tegalrejo Deklrasikan Sebagai Kampung Pancasila

WARTAPANTURA.COM

SEMARANG- Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, SE.M,Si mendampingi Danrem 073/Makutarama dan Walikota Salatiga Deklarasi Kampung Pancasila Kelurahan Tegalrejo Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga.Rabu(16/03)

Acara deklarasi ini turut dihadiri oleh IO Dam IV/Diponegoro Kolonel Mar Hariyono Masturi M Tr. Hal M. M,Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana SH.S.I.K M.H,Kepala Kejasaan Negeri Salatiga Moch Riza Wisnu Wardhana, SH.MH,Ketua DPRD Kota Salatiga Dance Ishak Palit Msi,Kepala Pengadilan Negeri Salatiga Abdul Latief SH.MH,Ketua FKUB Salatiga KH Noer Rofik,Kasiter Korem 073/ Makutarama Letkol Arh Nur Setiyasno,Danramil dan PA Staf jajaran Kodim 0714/Salatiga,Camat Argomulyo Agus Wibowo, S.H., M.H, serta Toga Thomas Kota Salatiga.

Dalam sambutannya Dandim 0714/Salatiga mengatakan,Deklarasi Kampung Pancasila ini mempunyai tujuan untuk menyatukan.visi misi dan komitmen menjaga dan memelihara Pancasila sebagai dasar Negara yang di mulai dari individu, golongan, komunitas hingga masyakat dalam wadah Program Kodim 0714/Salatiga sebagai Benteng Pancasila.

“Adapun Deklarasi Kampung Pancasila ini mempunyai sasaran antara lain terbentuknya kampung Pancasila secara masif di wilayah teritorial Kodim 0714/Salatiga, terwujudnya pengamalan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan masyarakatnya khususnya kaum milenial/generasi muda serta untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat serta mendukung kehidupan masyarakat yang rukun, santun, dan berbudaya”pungkas Letkol Ade Pribadi Siregar.

Deklarasi Kampung Pancasila di wilayah Kelurahan Tegalrejo ini diharapkan nantinya akan membawa dampak yang sangat positif bagi tatanan kehidupan masyarakat yang mencerminkan dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sehingga diharapkan ke depan akan lahir kampung-kampung Pancasila yang lain di wilayah Kota Salatiga ini.

Sementara Walikota Salatiga H.Yulianto.SE.MM,Di Era digitalisasi memang telah memberikan banyak kemudahan bagi kita semua. Segala aktivitas dapat dilaksanakan tanpa terbatas ruang dan waktu.Namun di sisi lain, perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat tersebut telah menjadi tantangan tersendiri bagi pengimplementasian Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Patut disyukuri karena kita tinggal di Kota Salatiga yang sangat kondusif dan menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi.Terhitung sudah empat kali berturut-turut Kota Salatiga mampu meraih predikat sebagai salah satu Kota Tertoleran.Dimana hal ini sekaligus menjadikan Kota Salatiga sebagai barometer keamanan dan ketentraman di Jawa Tengah, bahkan Indonesia.”tuturnya.

Danrem 073/Makutarama Kolonel Arm Putranto Gatot Sri Handoyo, S.Sos.,MM menegaskan Kenapa kampung Pancasila ini dicanangkan karena banyaknya Masyarakat yang masih terpengaruh adanya intoleransi tidak fokus dalam Pancasila sebagai dasar negara kita yang kita akui sebagai dasar negara satu-satunya dasar negara yang saat ini bisa mempersatukan bangsa.

“Kita merdeka bukan karena pemberian kita merdeka ini karena perjuangan dengan berbagai macam suku agama kebudayaan agama yang mempersatukan kita untuk meraih kemerdekaan dengan Pancasila itu kita bisa merasakan kebersamaan bersatu padu sehingga kita bisa merdeka tahun 1945″tegasnya.

Deklarasi Kampung Pancasila Kelurahan Tegalrejo Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga di ucapkan oleh Pasiter Kodim 0714/Salatiga yang dikuti seluruh warga,adapun isi deklarasi Kampung Pancasila,

1) Kami Warga Kelurahan Tegalrejo, menyatakan bahwa Pancasila adalah, Dasar Negara, yang telah tergurat, dan berakar dalam hati dan sanubari.

2) Kami Warga Kelurahan Tegalrejo, wajib memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya,kepada pemimpin bangsa, yang telah berhasil merumuskan, Pancasila sebagai Dasar Negara.

3) Kami Warga Kelurahan Tegalrejo, menjunjung tinggi toleransi dalam keberagaman suku, agama dan budaya.

4) Kami Warga Kelurahan Tegalrejo, menjunjung tinggi musyawarah dengan mengesampingkan amarah.

5) Kami Warga Kelurahan Tegalrejo, bangga dengan ikut berperan aktif dalam mewujudkan masyarakat yang adil, makmur, berlandaskan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

Rangkaian acara ditutup dengan Penyerahan Piagam Penghargaan Kampung Pancasila kepada Lurah Tegalrejo,Pemberian hadiah lomba melukis Mural Pancasila dan peninjauan ke pusat kegiatan Kampung Pancasila oleh Forkopimda Salatiga.

Leave a Reply

Top