You are here
Home > Berita > Hidup Sehat Melalui Program Jambanisasi

Hidup Sehat Melalui Program Jambanisasi

Wartapantura.com, Wonosobo – Serma Ridho Pramana Babinsa Koramil 03/Mojotengah Kodim 0707/Wonosobo melaksanakan kegiatan pendampingan terhadap petugas Dinas PU Kabupaten Wonosobo dan Kepala Desa Pungangan dalam rangka survei Jambanisasi di Dusun Kalibenda dan pengukuran pelebaran jalan di Dusun Pungangan Gunung, Desa Pungangan, Mojotengah. Kamis (10/3)

Supriyono selaku Kades Pungangan menyampaikan bahwa hari ini kita bersama sama melaksanakan survei pembuatan jamban dengan jumlah yang akan dibuat 42 buah jamban kepada masyarakat Dusun Kalibenda yang saat ini belum memiliki jamban keluarga. Disamping itu juga melaksanakan survei pelebaran jalan lingkar kampung di Pungangan Gunung yang semula lebar 1,5 meter menjadi 4 meter dengan panjang 1000 meter.

Lebih lanjut disampaikan bahwa masyarakat Desa Pungangan pada umumnya sudah memiliki MCK di setiap rumah, akan tetapi masalahnya pembuangan limbahnya tidak masuk ke septic tank akan tetapi masuk ke kolam ikan. Sehingga menimbulkan permasalahan dalam hal kesehatan.

Sedangkan pelebaran jalan saat ini kebutuhan masyarakat akan hal transportasi sangatlah mendesak. Dahulu orang cukup jalan kaki atau sepeda motor, saat ini sudah menggunakan kendaraan roda 4. Sehingga untuk memudahkan hal tersebut solusinya adalah jalan diperlebar.

Serma Ridla Pramana menyampaikan, TNI khususnya Kodim selalu mendukung program yang dilaksanakan oleh pemerintah. Seperti saat ini pemerintah desa sedang menggalakan program jambanisasi.

Babinsa Koramil Mojotengah menyampaikan manfaat penggunaan jamban seperti dapat terbebas dari penyakit berbasis lingkungan yaitu Diare dan Stunting.

‘ Meningkatkan pengetahuan dan kesadaran untuk Tidak BABS (Buang Air Besar Sembarangan ) serta cara pembuatan jamban sehat secara sederhana dan murah. Serta menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Fungsi dan struktur lingkungan dapat tetap terjaga karena pencemaran akibat tinja manusia dapat dicegah,” Pungkasnya.

 

 

Leave a Reply

Top