Berita

Komsos Sembari Menimba Ilmu Tanaman Porang i Lakukan Babinsa Bejilor

WARTAPANTURA.COM

Kabupaten Semarang-Bernama latin Amorphophallus muelleri,Porang merupakan tanaman jenis herbal yang bisa tumbuh hingga setinggi 1.5 meter. Ia banyak tumbuh di sekitar hutan tropis dan hanya bisa tumbuh di bawah pohon penyangga.Porang bisa bertahan hidup pada jenis tanah apa pun di ketinggian 0 sampai dengan 700 mdpl.

Porang tumbuh dengan batang bercorak belang hijau putih. Ciri-ciri lain tanaman porang adalah sebagai berikut,Memiliki daun lebar berujung runcing dan berwarna hijau muda,Memiliki kulit batang yang halus berwarna kekuningan,serta di setiap pertemuan cabang terdapat bubil atau katak.

Saat menyambangi beberapa warganya yang berprofesi sebagai petani porang,Rabu (23/02) Babinsa Bejilor Koramil 08/Suruh Sertu Sujari berkesempatan untuk melaksanakan komunikasi sosial kepada kelompok petani porong di Dusun Krajan1 RT/03 Desa Bejilor,Kecamatan Suruh,Kabupaten Semarang,Rabu(23/02)

Kondisi di daerah tersebut memang cocok bagi tumbuhan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein mineral, vitamin, serat pangan, kristal kalsium oksalat dan alkaloid tersebut.

Sertu Sujari mengatakan tanaman ini bernilai ekspor yang cukup tinggi,selain digunakan sebagai bahan pembuat konyaku dan mie shirataki di sejumlah negara seperti China, Jepang dan Taiwan,tanaman ini juga bermanfaat untuk kesehatan.

“Kandungan glukomanan, porang bisa menjadi bahan tepung alternatif. Kandungan itu sangat penting untuk industri makanan karena kandungan serat alaminya,kandungan glukomanan pada porang bisa membantu mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes,glukomanan akan meningkatkan jumlah kandungan kolesterol yang dikeluarkan lewat feses. Sehingga jumlah kolesterol dalam darah akan jauh lebih sedikit” jelas Babinsa tersebut.

Babinsa Bejilor itu juga mendorong masyarakat perlu melakukan inovasi dan mencari peluang bagaimana memanfaatkan lahan yang ada, menjadi satu lahan yang bermanfaat sehingga bisa mendongkrak perekonomian keluarga, diharapkan kegiatan ini masyarakat Desa ini bisa membudidayakan tanaman Porang, terangnya.(Pendim0714)

massohel

Recent Posts

Permudah Akses Warga,TNI Betonisasi Jalan Penghubung

WARTAPANTURA.COM SALATIGA- Harapan warga Dusun Sugih Waras dan Dusun Pamot Kelurahan Randuacir Kecamatan Argomulyo Kota…

2 months ago

54 Warga Yang Memilik Balita Mendapat Bantuan Sembako Dan Vitamin

WARTAPANTURA.COM SEMARANG- Stunting adalah dimana kondisi gagal tumbuh pada anak balita (bayi di bawah 5…

2 months ago

Jalan Penghubung Warga Mulai Di Bangun

WARTAPANTURA.COM SEMARANG- Pj Danramil 03/Getasan Kapten Arm Utomo mengatakan dipilihnya Desa Samirono sebagai tempat pelaksanaan…

2 months ago

Kasdim Tandatangani Naskah Kerjasama TMMD Sengkuyung Tahap II

WARTAPANTURA.COM SALATIGA- Sekda Kota Salatiga Ir. Wuri Pujiastuti, M.M. menjadi Irup Upacara pembukaan TMMD sengkuyung…

2 months ago

Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung Kodim 0714/Salatiga

WARTAPANTURA.COM SEMARANG-Kodim 0714/Salatiga kembali menggelar Tentara Manunggal Membangun desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II TA 2022…

2 months ago

Peringati Hari Anak Nasional 2022, Persit KCK Cab XXXV Ikuti Webinar

WARTAPANTURA.COM SALATIGA- Gejala dan fenomena stunting pada anak menjadi perhatian serius TNI AD. Persit Kartika…

2 months ago