You are here
Home > Berita > Dandim Terima Penjelasan Dari BBWS Pamali Juwana Saat Tinjau Lokasi Pembersihan Eceng Gondok

Dandim Terima Penjelasan Dari BBWS Pamali Juwana Saat Tinjau Lokasi Pembersihan Eceng Gondok

WARTAPANTURA.COM

Semarang-Eceng gondok- (Eichhornia crassipes) adalah salah satu jenis tumbuhan air mengapung. Selain dikenal dengan nama eceng gondok, di beberapa daerah di Indonesia, Eceng Gondok mempunyai nama lain, seperti di daerah Palembang dikenal dengan nama Kelipuk, di Lampung dikenal dengan nama Ringgak, di Dayak dikenal dengan nama Ilung-ilung, di Manado dikenal dengan nama Tumpe.

Eceng gondok pertama kali ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang ilmuwan bernama Carl Friederich Philip Von Mortius, seorang ahli Botani berkebangsaan Jerman pada tahun 1824 ketika sedang melakukan ekspedisi di sungai Amazon Brazil.

Eceng gondok tumbuh di kolam-kolam dangkal, tanah basah dan rawa, aliran air yang lambat, danau, tempat penampungan air dan sungai. Tumbuhan ini dapat beradaptasi dengan perubahan yang ekstrem dari ketinggian air, arus air, dan perubahan ketersediaan nutrien, pH, temperatur dan racun-racun dalam air

Seperti Danau Alam Rawa Pening yang berada di kecamatan Banyubiru kabupaten Semarang,permukaannya senantiasa hampir tertutup oleh tanaman Gulma tersebut,maka dari itu Pemerintah kabupaten Semarang bekerjasama dengan Kodim 0714/Salatiga senantiasa berusaha untuk mengurangi tanaman yang dapat dijadikan aneka macam kerajinan tangan tersebut.

Komandan Kodim 0714/Salatiga Letkol Inf Ade Pribadi Siregar,SE.,M,Si menerima penjelasan dari Pelaksana teknis BBWS Pamali Juana Heru saat Meninjau dan Mengecek lokasi pengerjaan dan pembersihan enceng gondok di Bukit Cinta (Rawa Pening)kecamatan Banyubiru kabupaten Semarang.Rabu (09/02)

Dikatakan oleh Dandim bahwa kegiatan ini untuk Mengecek dan memantau Sejauh mana pengerjaan pembersihan enceng gondok yang ada di rawa pening.

“Selain itu juga perlu Peninjauan titik koordinat pelaksanaan pengerukan yang dilakukan oleh pihak TNI,Menentukan titik koordinat dan data untuk menentukan mana pengerjaan BBWS dan TNI sehingga pada saat proses pengerjaannya benar benar tepat sasaran dan hasilnya juga maksimal”pungkasnya.

Dengan semangat dan dukungan semua pihak Dandim 0714/Salatiga yakin pembersihan tersebut akan dapat bisa diselesaikan dengan baik. Sehingga Gulma air yang menutupi sebagian permukaan Danau Rawa Pening ini dapat di bersihkan.(Pendim0714)

Leave a Reply

Top