You are here
Home > Berita > Aktifitas Sertu Saryono Di Kala Senggang Sebagai Anggota Babinsa Koramil Suruh

Aktifitas Sertu Saryono Di Kala Senggang Sebagai Anggota Babinsa Koramil Suruh

WARTAPANTURA.COM

Kabupaten Semarang-Siapa yang tak mengenal jajanan keripik, penganan khas yang memiliki cita rasa gurih dan juga manis ini dapat dibuat dari bahan dasar singkong dan pisang, tentu saja masih banyak varian yang dapat diolah menjadi keripik.

Di Dusun Medayu Desa Medayu, Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang terdapat sentra UMKM pembuatan Keripik Singkong dan Keripik Pisang serta olahan lainnya

Pemilik Usaha yang diberi nama TARA FOODS ini ternyata seorang anggota TNI, adalah Sertu Saryono anggota Koramil 08/Suruh yang sudah merintis usaha ini sejak tahun 2010 silam.

Disamping tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang Babinsa Ketanggi Kecamatan Suruh yang tentunya senantiasa memantau kondisi wilayah serta warga yang menjadi binaannya di saat tidak sedang berdinas,dirinya bersama istri mengolah makanan ringan berbahan dasar Singkong dan Pisang tersebut..

Dirumah nya yang sekaligus menjadi sentra pembuatan penganan ini, Sertu Saryanto bersama istrinya dibantu 3 orang karyawan yang diambil dari warga sekitar.diakuinya dengan memperkerjakan warga sekitar dirinya bertujuan untuk membantu warga untuk menambah penghasilan.meskipun sudah memiliki karyawan,Saryanto tetap ikut terjun langsung di dapur pengolahan tersebut,mulai dari pengupasan,pencucian,pemotongan,penggorengan sampai pengemasan dilakukannya.

Saat ditemui Penerangan Kodim 0714/Salatiga di rumahnya, dikatakan oleh Saryanto usahanya ini dirintis sejak tahun 2010 dan sampai sekarang masih berproduksi ini dirinya mengaku selain sebagai penghasilan tambahan,usaha yang dijalankannya ini sebagai kesibukannya nanti saat pensiun dari TNI.

“3 tahun lagi saya memasuki MPP dan tentunya saya sudah tidak aktif di kemiliteran,jadinya saya sudah punya kesibukan lain”ujarnya sembari tertawa kecil.

Berkat dari usaha nya ini,bapak dari 3 anak ini bisa menyekolahkan salah seorang anaknya di STAN sampai dengan selesai,dirinya mengaku bersyukur dengan usaha yang dirintis nya bersama istri bisa mengantarkan anaknya menuju cita cita yang diharapkan.

Ketika disinggung masalah kendala yang ada,Sertu Saryono mengatakan saat musim hujan seperti saat ini memang dirasakan susah memperoleh bahan baku khususnya singkong,serta saat harga minyak goreng melambung tinggi.

“Memang terasa sekali saat harga minyak tinggi,tapi hal itu tidak serta merta membuat saya menurunkan kualitas hasil olahan Keripik yang saya produksi,Alhamdulillah saat ini harga minyak goreng sudah kembali normal,minyak goreng kan paling penting bagi penguasaha keripik seperti saya ini”tuturnya.

Sedangkan untuk pemasaran,karena produk keripiknya sudah terdaftar di Disperindag Kabupaten Semarang ia bekerja sama dengan beberapa toko Snack yang ada di Pasaraya Kota Salatiga,Pasar Tradisional Kembangsari,serta beberapa warung di sekitaran tempat tinggalnya.

Komandan Koramil 08/Suruh Kapten Arm Utomo mengapresiasi usaha yang termasuk ke dalam UMKM yang di jalankan oleh anggotanya tersebut,”Saya salut dengan apa yang dilakukan oleh Sertu Saryono ini,disamping tetap menjalankan tugas pokoknya sebagai seorang Babinsa,ia masih bisa di waktu senggangnya mengelola usaha keripik nya dan tentunya menambah penghasilan bagi keluarganya ,ini tentunya menjadi inspirasi bagi yang lain”ujar nya.

Danramil juga berharap,Anggota Koramil 08/Suruh yang lainnya juga dapat mencontoh usaha yang dilakukan oleh Sertu Saryono tersebut,selain menambah penghasilan bagi keluarganya,juga bermanfaat bagi warga sekitarnya khususnya yang di pekerjakan di tempat usahanya.(Pendim0714)

Leave a Reply

Top