You are here
Home > Berita > Program BIAS Di SD Bertujuan Memberikan Kekebalan Terhadap Penyakit Difteri Dan Tetanus

Program BIAS Di SD Bertujuan Memberikan Kekebalan Terhadap Penyakit Difteri Dan Tetanus

WARTAPANTURA.COM

Kab Semarang-Babinsa Koramil 15/Bergas Sertu Ali dan Koptu Maryono menghadiri sekaligus memantau , membantu dan Mendampingi  pelaksanaan Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah di Masa Pandemi Covid 19,Senin (20/12)

Dalam pelaksanaan Bulan  Imunisasi  Anak Sekolah (BIAS) wilayah kecamatan Bergas dan Pringapus bekerjasama dengan  UPTD  Serta dan Puskesmas setempat.
Terkait kegiatan yang dihadirinya, Babinsa Koramil 15/Bergas menerangkan, bahwa  Imunisasi sangat penting bagi anak usia 9 bulan hingga kurang dari 15 tahun dan hal tersebut merupakan proses untuk membuat seseorang menjadi imun atau kebal terhadap suatu penyakit. Proses dilakukan dengan pemberian vaksin yang merangsang sistem kekebalan tubuh agar kebal terhadap penyakit.
“Imunisasi BIAS ini biasanya diadakan 2 kali dalam setahun dan dilakukan secara serentak di seluruh kota di Indonesia. Program ini dilakukan untuk memberikan perlindungan kepada anak-anak usia SD terhadap penyakit campak, difteri dan tetanus,” terangnya.
Instansi pendidikan setara SD menjadi tempat yang rentan terhadap penyebaran virus Covid 19 ini. Namun, sekolah juga menjadi tempat paling strategis dalam mencegah penyebaran virus-virus ini. Untuk itu, kepada para guru dan orangtua hendaknya perlu memberikan dukungan jika anaknya mendapat imunisasi di sekolah oleh petugas Puskesmas setempat seperti yang dilakukan saat ini.
Sementara itu, di tempat terpisah Danramil 15/Bergas Kapten Chk Hardjito  mengatakan pihaknya selalu mendukung program BIAS yang dilaksanakan pemerintah.
“Koramil selalu aktif pendampingan di sekolah-sekolah saat kegiatan pemberian imunisasi di sekolah tersebut dilaksanakan. Terutama, karena BIAS ini bertepatan masa pandemi covid, jajarannya aktif dalam menghadiri dan memantau kegiatan tersebut sekaligus menghimbau penerapan prokes.”pesannya.
“Hari ini Senin, ada dua lokasi kegiatan BIAS bersamaan yaitu SD di Kecamatan Bergas dan Kecamatan Pringapus. Agar semuanya berjalan lancar, kami mengirim masing-masing satu Babinsa satu tempat kegiatan,”tegasnya.
Program BIAS dengan sasaran murid SD di wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Beras dan Pringapus tersebut bertujuan untuk memberikan vaksinasi  guna meningkatkan kekebalan terhadap penyakit. Program tersebut dilaksanakan secara berkala.(Pendim0714)

Leave a Reply

Top