You are here
Home > Berita > Menjaga Hutan Demi Kelangsungan Hidup Anak Cucu

Menjaga Hutan Demi Kelangsungan Hidup Anak Cucu

Wonosobo, wartapantura.com – RPH Kedu Utara bersama dengan Koramil 09/Kepil serta instansi terkait lainnya termasuk masyarakat mengadakan penanaman pohon bersama di lokasi Petak 35 K-1 Kleseman Kepil. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka penghijauan hutan yang gundul untuk menghindari erosi dengan jenis tanaman Cemara, Salam dan Damar sejumlah 5.000 batang. Kamis ( 9/12)

Ir. Daman Huri selaku Adm Kedu Utara menyampaikan bahwa kegiatan penanaman bersama ini sebagai salah satu upaya penghijauan hutan yang saat ini gundul. Untuk itu dari Perhutani mengajak kepada semua pihak agar bersama sama menjaga hutan. Sebab hutan merupakan titipan anak cucu kita.

” Terima kasih kepada Koramil dan Polsek yang selama ini telah ikut bersama sama menjaga hutan. Sebab dari hutan ini akan menjaga kelestarian lingkungan dan tersedianya air bagi kehidupan kita semua,” Ungkapnya.

Untuk itu dalam menjaga tanaman hingga masa tebang perlu dukungan dari semua elemen masyarakat dan Pemerintah Daerah serta stakeholder lainnya karena hutan tidak lepas dari interaksi masyarakat, serta berpesan kepada segenap jajaran untuk senantiasa mengantisipasi bencana alam menjelang musim penghujan.

Danramil 09/Kepil Kodim 0707/Wonosobo Kapten Inf Sukriadi saat penanaman menyampaikan kepada masyarakat pengolah lahan Perhutani tersebut agar tanaman yang baru ditanam dirawat sebaik – baiknya. Masyarakat diperkenankan mengolah sekitar pohon untuk ditanami sayur dan sebagainya akan tetapi pohon milik Perhutani agar dirawat dengan baik.

Sehingga program Pemerintah dalam rangka penghijauan berjalan, masyarakat juga bisa memanfaatkan lahan yang ada. Sebab dari penghijauan ini banyak manfaat yang diperoleh seperti akan tersediannya air bagi masyarakat, menjadi daerah resapan, tanah tidak mudah longsor yang bisa membahayakan sekitarnya, menjadi ekosistem hewan dan tumbuhan.

” Daerah Wonosobo merupakan daerah perbukitan dimana tingkat kemiringannya sangatlah tinggi, sehingga perlu adanya usaha bersama untuk menjaga hutan ini mulai dari pemerintah, swasta dan tidak ketinggalan masyarakat demi masa depan anak cucu kita,” pungkas Danramil.

Leave a Reply

Top