You are here
Home > Berita > Berikut Tips Membuat MPASI Buatan Sendiri Untuk Bayi Berusia 8 Bulan

Berikut Tips Membuat MPASI Buatan Sendiri Untuk Bayi Berusia 8 Bulan

Berikut Tips Membuat MPASI Buatan Sendiri Untuk Bayi Berusia 8 Bulan
Berikut Tips Membuat MPASI Buatan Sendiri Untuk Bayi Berusia 8 Bulan
Berikut Tips Membuat MPASI Buatan Sendiri Untuk Bayi Berusia 8 Bulan

Dengan membuat MPASI buatan sendiri di rumah, ternyata banyak sekali manfaatnya. Yaitu bisa menghemat pengeluaran, karena dengan membuat sendiri biayanya akan lebih murah dibandingkan dengan membeli MPASI yang ada di toko. Selain itu dengan membuat MPASI sendiri akan membantu  bayi terbiasa dengan berbagai tekstur dan rasa yang berbeda-beda setiap harinya. Dan juga bisa memudahkan ibu untuk mengontrol jenis tekstur yang diberikan kepada bayi. Untuk itu dalam kesempatan kali ini akan mengupas tentang tips membuat MPASI buatan sendiri, sebagai berikut :

  1. Sayur Dan Buah

Cuci, kupas, dan buang biji dari buah atau sayur yang masih segar atau dibekukkan, lalu potong kecil. Kemudian rebus dengan sedikit air mendidih, masak sampai empuk. Atau gunakan microwave- masukan buah atau sayur dalam mangkuk, lalu tambahkan sedikit air, panaskan dalam suhu tinggi hingga empuk. Lalu dinginkan dan tiriskan. Jangan buang air dari rebusan. Kemudian masukan kedalam blender dengan menambahkan sedikit air rebusan.

  1. Daging Dan Ikan

Masukan daging dan ikan kedalam panci dengan sedikit air. Lalu didihkan, kecilkan api, dan didihkan kembali. Terus masak hingga daging dapat dipisahkan dengan mudah dari tulangnya, atau ikan dapat dengan mudah disisihkan dengan garpu. Lalu buang bagian tulang, kulit, lemak. Potong daging atau sisihkan ikan sampai menjadi potongan kecil. Kemudian lumatkan dengan air rebusan atau kaldu.

  1. Buah Alpukat dan Susu

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa buah alpukat dan susu masing-masing memiliki kandungan vitamin dan protein yang bagus untuk kebutuhan nutirisi pada balita. Jika kedua bahan tersebut dikolaborasikan, tentunya akan menjadi sebuah MPASI yang kaya akan kandungan vitamin dan protein. Sediakan 1 buah alpukat, buang bijinya, kemudian keruk bagian dagingnya. Lumatkan dagung buah alpukat sampai halus, kemudian campurkan dengan susu sambil diaduk-aduk agar tercampur rata.

  1. Pure Kentang

Ini dia salah satu jenis umbi-umbian yang kaya akan vitamin dan karbohidrat, yang tentunya cocok untuk dijadikan MPASI 8 bulan. Siapkan beberapa butir kentang, cuci hingga bersih, lalu rebus sampai benar-benar empuk. Jika sudah demikian, silahkan lumatkan kentangnya sampai halus.

Itulah beberapa tips simple dalam membuat MPASI yang harus bunda coba.

Leave a Reply

Top