You are here
Home > Berita > Berebut Hasil Bumi Untuk Keselamatan

Berebut Hasil Bumi Untuk Keselamatan

wartapantura.com_PATI, Ratusan warga saling dorong dan berdesakan berebut gunungan hasil bumi dalam tradisi sedekah bumi yang di gelar warga desa Kedalingan Kabupaten Pati Jawa Tengah kamis sore. Mereka menyakini jika mendapatkan gunungan hasil bumi tersebut akan mendapatkan keberkahan dan kelancaran rejeki.
Setelah diarak keliling desa dan kirab gunungan hasil bumi sampai di punden leluhur warga desa tersebut, ratusan warga yang sudah tidak sabar langsung berhamburan mendekat menuju gunungan hasil bumi.
Meski tokoh agama masih membaca doa dan panitia kirab melarang untuk mengambil gunungan hasil bumi,namun tak menghiraukan panitia tersebut tanpa menghiraukan keselamatan dirinya. ratusan warga saling dorong dan berdesakan untuk mendapatkan gunungan yang berisi aneka hasil bumi.

sejumlah ibu-ibu dan anak kecil terdorong jatuh dan terjepit diantara kerumunan massa,bahkan gunungan hasil bumi sempat dirobohkan warga karena takut tidak kebagian.

Salah satu warga mengaku rela berdesak desakan karena mereka mempercayai akan mendapatkan keberkahan dan kelancaran rejeki jika berhasil memperoleh isi gunungan hasil bumi tersebut setelah dikirab keliling desa dan akan dimakan bersama keluarganya dirumah.
Sementara itu kepala desa setempat Joko Waluyo menyebutkan acara ini merupakan puncak dari peringatan sedekah bumi warga desa Kedalingan Kecamatan Tambakromo Pati Jawa Tengah yang selalu jatuh pada akhir bulan apit pada penanggalan jawa. Acara itu sendiri merupakan pesta dan ekspresi kegembiraan serta rasa syukur masyarakat desa setelah panen raya di desanya.
Sebanyak 25 gunungan hasil bumi yang diarak itu merupakan hasil bumi yang mereka tanam selama satu tahun, sehingga saat inilah mereka melakukan bersedekah kepada warga dengan membagikan rejeki berupa hasil bumi tersebut.Tak heran jika rebutan hasil bumi tersebut memang diperuntukkan bagi warga.
exo_prie

Leave a Reply

Top