You are here
Home > Berita > Limbah Sampah Disulap Jadi Hiasan Rumah

Limbah Sampah Disulap Jadi Hiasan Rumah

Limbah Sampah Disulap Jadi Hiasan Rumah

Wartapantura.com_PATI Tahukah anda tumpukan sampah plastik dan botol bekas air mineral ternyata dapat didaur ulang menjadi bermacam kerajinan dan hiasan rumah yang menarik. Seperti yang dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga di desa Semampir Kecamatan kota Pati ini misalnya puluhan ibu-ibu ini berlatih membuat kerajinan dan hiasan rumah hanya berbekal tumpukan limbah plastik yang biasanya terbuang percuma. Tak hanya sebagai hiasan rumah ternyata produk kerajinan tersebut juga memiliki nilai ekonomi jika dikreasikan semenarik mungkin.
Jika dilihat dua buah hiasan rumah berupa vas bunga yang cantik ini tak berbeda dengan hiasan lain yang dijual ditoko-toko, namun siapa sangka hiasan rumah ini dibuat dengan memanfaatkan limbah kantong plastik dan botol mineral gelas yang biasanya hanya terbuang percuma. Kegiatan pemanfaatan limbah inilah yang mulai digeluti oleh ibu-ibu asal desa Semampir Kecamatan kota Pati Jawa Tengah. Hanya berbekal kantung plastik dan botol air mineral bekas, puluhan ibu rumah tangga ini rutin mengikuti pelatihan dari salah satu pelaku usaha kreatif.
Proses pembuataanya ternyata cukup mudah hanya dibutuhkan kesabaran dan ketelitian serta sedikit sentukan kreatif agar kerajinan tangan atau hiasan rumah tersebut menjadi lebih menarik. Pertama kumpulkan terlebih dahulu kantong plastik dengan berbagai macam warna kantong plastik inilah yang nantinya akan dipotong dan dibuat sedemikian rupa menjadi bunga-bunga.
Semakin beragam warna kantong plastik tersebut akan semakin menarik pula ketika dirangkai menjadi satu vas bunga untuk mempercantik tampilan serta terlihat lebih alami tambahkan dedaunan yang dibuat dari potongan botol bekas air mineral yang sudah dicat dengan warna hijau, tangkai bunga yang dibuat dari potongan lidi juga dibalut dengan potongan plastik dan direkatkan dengan kertas perekat.
Salah satu warga Reni menuturkan senang dapat berlatih membuat kerajinan dari limbah ini, meski sempat mengalami kesulitan namun ia puas karena hasil karyanya ternyata cukup menarik.Ia berencana akan menjadikan hasil karyanya ini sebagai hiasan rumah.
sementara kepala Desa Semampir Dwi Indarti menuturkan kegiatan yang digelar ini merupakan salah satu upaya untuk menciptakan lingkungan yang bersih di desa tersebut dengan keterampilan yang dimiliki para ibu rumah tanga didesanya diharapkan limbah-limbah tersebut nantinya tidak akan mengotori lingkungan,namun dapat menjadi beragam produk kerajinan dan hiasan rumah.
Pelatihan pemanfaatan limbah menjadi beragam kerajinan dan hiasan ini akan digelar setiap minggu, ibu-ibu rumah tangga ini akan terus didorong untuk membuat beragam kerajinan tangan dan hiasan yang menarik dan inovatif. Diharapkan selain sebagai hiasan kerajinan ini juga dapat meningkatkan perekonomian warga.
Exo_prie

Leave a Reply

Top