You are here
Home > Berita > Perkuat Ketahanan Pangan Gali Sumber Lokal

Perkuat Ketahanan Pangan Gali Sumber Lokal

www.wartapantura.com _PATI Untuk mewujudkan ketahanan pangan dalam rumah tangga dan tak perlu tergantung komoditas impor. Puluhan warga desa soneyan kecamatan margoyoso Pati Jawa Tengah kini mulai membangun kemandirian potensi lokal hal ini untuk meningkatkan kesejahteraan pangan dalam rumah tangga.
Betapa pentingnya memanfaatkan lahan pekarangan atau depan halaman rumah yang tak terpakai untuk diolah menghasilkan bahan pangan yang diperlukan guna memperkuat ketahanan pangan dalam rumah tangga , seperti Siti Rodiyah misalnya mereka memanfaatkan lahan pekarangan untuk menggali potensi lokal pangan.
Hampir merata di desa tersebut para ibu –ibu ini memanfaatkan lahan kosong yang ditanami aneka ragam pertanian jenis polowijo, selain itu peningkatan optimalisasi pemanfaatan sumber daya dan peningkatan kapasitas produksi pangan dalam keterbukaan ekonomi sangatlah penting.
Menurut Siti Rodiyah memanfaatkan lahan kosong untuk di tanami polowijo sangat realistis sehingga para ibu rumah tangga tak bergantung pada kaum lelaki.tak hanya itu penggalian potensi lokal tidak hanya memperkuat ketahanan pangan dalam rumah tangga, namun juga mampu mengangkat potensi bisnis. Oleh karena itu mereka berharap pemerintah harus menempatkan pangan sebagai pilar kebijakan setrategi dalam pembangunan nasional untuk mewujudkan ketahanan pangan.
Sementara itu kepala kantor ketahanan pangan Pati Pudjo Setijanto mengatakan sejauh ini penguatan ketehanan pangan lokal perlu adanya pemahaman dan pengawalan oleh PPL setempat sehingga besar harapannya pengalian pontensi pangan lokal akan menciptakan swasembada kesejahteraan masyarakat di tingkat desa sehingga ketahanan pangan di tingkat perdesaaan tidak menjadi rapuh.
Lebih lanjut mengembangkan pangan lokal sesuai kearifan masyarakat di masing-masing desa perlu di tingkatkan karena menurut data kantor ketahanan pangan kabupaten pati kemiskinan di tingakat desa lebih tinggi di banding perkotaan.
( www.wartapantura.com _ exo-prie)

Leave a Reply

Top